Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kemampuan yang diperoleh mahasiswa melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja. Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) tahun 2014, CP disusun dalam empat unsur utama, yaitu sikap dan tata nilai, penguasaan pengetahuan, kemampuan kerja, dan wewenang dan tanggung jawab.

Selanjutnya, rumusan CP pada Standar Kompetensi Lulusan dinyatakan dalam lima aspek yang lebih spesifik, yakni sikap (diadopsi dari unsur “sikap dan tata nilai” pada deskripsi CP KKNI dalam lampiran SNPT), pengetahuan umum (mengacu pada unsur “penguasaan pengetahuan” yang dikembangkan oleh Kementerian Agama untuk PTKI), pengetahuan khusus (dikembangkan oleh forum prodi sejenis dengan mempertimbangkan penciri prodi), keterampilan umum (diadopsi dari unsur “kemampuan kerja” dan “wewenang dan tanggung jawab” pada deskripsi CP KKNI dalam lampiran SNPT), dan keterampilan khusus (mencirikan kemampuan spesifik lulusan sesuai bidang keilmuan, diinisiasi oleh prodi dan didiskusikan di forum prodi sejenis).

https://jdih.magetan.go.id/wp-content/slot-gacor/ https://jdih.magetan.go.id/wp-content/slot88/ https://jdih.magetan.go.id/wp-content/sbobet/ https://origin-aus-mvcapi.subway.com/ https://widgets-tm.wolterskluwer.com/ https://dev-prt-ja.fujifilm.com/ https://beast-am.kantar.com/