Lecture Series for Undergraduate Students #17: Rekayasa Seni dan Literasi melalui Alih Wahana

Lecture Series for Undergraduate Students seri ketujuh belas diselenggarakan oleh Program Studi Sastra Inggris UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada hari Rabu, 18 Agustus 2021 secara virtual. Acara yang diselenggarakan selama dua jam mulai pukul 12.30-14.00 WIB ini mengangkat tema Rekayasa Seni dan Literasi melalui Alih Wahana.

Kedua narasumber menampilkan topik yang berbeda. Narasumber pertama adalah Whida Rositama, M.Hum, dosen Prodi Sastra Inggris UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang juga merupakan alumni Prodi Sastra Inggris UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyampaikan topik tentang Pengantar Alih Wahana dalam Sastra. Narasumber kedua adalah Cut Novita Srikandi, M.Hum., dosen Bahasa Inggris FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menyampaikan topik tentang Pergeseran Wacana Identitas dalam Alih Wahana dan Film.

Dalam pemaparan materi yang dimoderatori oleh M. Edy Thoyib, M.A., Sekretaris Prodi Sastra Inggris, narasumber pertama, Whida Rositama, M.A., memaparkan tentang istilah alih wahana dalam sastra. Mengutip dari definisi yang bersumber dari Sapardi Djoko Damono, sastrawan Indonesia, alih wahana adalah proses pengalihan dari satu jenis ‘kendaraan’ ke ‘kendaraan’ yang lain. Narasumber kedua, Cut Novianti Srikandi, M.Hum., mengulas tentang pergeseran yang muncul dari dua teks, yaitu novel dan film. Dua wahana itu adalah Film Hujan Bulan Juni yang merupakan alih wahana dari novel yang berjudul sama yang ditulis oleh Sapardi Djoko Damono. Dua naskah tersebut sama-sama mengemukakan persoalan tentang identitas.

Setelah pemaparan materi, sesi terakhir adalah tanya jawab peserta kepada narasumber. Tampak peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta dan banyak peserta yang hadir mengikuti sampai akhir acara ini. (RS)